Aug 13, 2016

EAR[79]+EAR[80] - Trio Enrio - Demo II + To Die - Live at Pier '14 (2016)

Geliat 'musik improvisasi' atau 'ekseprimental' di Indonesia kini semakin tak kasat mata. Individu maupun kelompok mulai bermunculan dari berbagai kota di negara ini, dengan ciri khasnya masing-masing.Dari yang paling sederhana, hingga yang paling kaya. Tanpa gaung yang menggelegar, Trio En Rio masuk ke dalam teritori tersebut. Saya pribadi, melihat Johanes Handjono (Johan) begitu aktif dalam banyak sesi improvisasi, semenjak keikutsertaannya di sesi Kombo. Bercengkrama dengan Johan dan melihat pola permainannya di sesi-sesi improvisasi, saya dapat merasakan semangatnya begitu besar dalam teritori musik yang seperti ini. Perasaan ini mengingatkan saya pada semangat para seniman garda depan, musik khususnya, di masa lampau.

Metode ini, tanpa dapat ditebak, menghasilkan kualitas bebunyian yang beragam. Salah satu yang kami rasa menonjol adalah Demo jilid dua dari Trio En Rio ini. Lewat rilisannya kali ini, kami mendapati bebunyian yang padat alur, meskipun masih terasa hentak spontanitasnya. Mereka juga tidak malas untuk merias hasil rekaman sampai jernih. Tak pantas rasanya menyebut semangat rekaman ini sebagai Jazz atau Free-Jazz. Saya merasakan sesuatu yang lebih tidak bernama dari perubahan-perubahan yang ada di dalamnya. Dari sudut pandang metode, bisa kita sebut sebagai musik improvisasi. Tetapi, improvisasi, sama dengan musik eksperimental, adalah suatu metode penciptaan bebunyian, bukan genre. Dengan hasil ciptaan musik-musik, dari yang paling sederhana, hingga yang paling kaya. Meskipun, tidak tahu kapan, bisa saja jadi genre.

Band ini mempersembahkan bebunyian tanpa nama. Ada suara, tanpa wujud (pengenal). Ke'ghaib'an yang lahir dari metode improvisasi. Namun, tidak patut juga kita untuk membahasnya dengan berlebihan. Setidaknya saya ingin memandang bebunyian ini, secara proporsional, sebagai produk bebunyian dalam teritori pemakaian metode improvisasi di dunia permusikkan. Yang akan berlalu, ditinggalkan oleh proses-proses penciptaan setelahnya. Menggiring kita pada rasa bahwa semua hal itu sebenarnya biasa-biasa saja. Mau bagaimanapun indahnya, mati juga tidak kita bawa.

Download Here
Trio En Rio Soundcloud



Kami rasa, To Die merupakan salah satu band yang tidak pernah redup semangat pembaharuannya. Mereka selalu menunjukkan kebaruan di berbagai aspek pada tiap rilisan. Hal baru yang mereka tonjolkan mereka kali ini adalah dari aspek perekaman dan pemakaian instrumen. To Die terus membuahkan karya, tidak pernah menyangkal berbagai penilaian yang ada, sehingga penilaian tersebut tidak dapat menghentikan mereka. Band ini seperti menunjukan bahwa hal yang remeh-temeh tetap mempunyai peran, keberartian, dan nilainya sendiri. Entah untuk diapresiasi, didengarkan sambil lalu, atau dipandang sebagai dokumentasi sejarah untuk pembuat bebunyiannya atau para pendengarnya. Kami menganjurkan Anda untuk tidak banyak berkspektasi, dengarkan, lalu pahami dan simpan dalam memori.

Download Here
To Die Facebook

1 comment: